Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran:Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester:III/1
Alokasi Waktu:3 x pertemuan @ 35 menit
Standar Kompetensi :
1. Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
Kompetensi Dasar:
1.1 Mengenal makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
Indikator:
- Menyebutkan contoh organisasi kepemudaan
- Menyebutkan organisasi yang berperan dalam Sumpah Pemuda.
- Menyebutkannama-namatokohdalamorganisasipemuda.
- Menjelaskan peran setiap tokoh-tokoh pemuda.
- Menunjukkan sikap untuk meneladani jiwa perjuangan tokoh pemuda.
I. Tujuan Pembelajaran
- Memberi contoh organisasi kepemudaan.
- Menyebutkan organisasi yang ikut serta dalam Sumpah Pemuda.
- Menyebutkan tokoh-tokoh dalam organisasi kepemudaan.
- Menjelaskan peran setiap tokoh dalam organisasi kepemudaan.
- Meneladani sikap dan jiwa perjuangan para tokoh.
II. Materi Pokok Pembelajaran
Pengenalan Tokoh Sumpah Pemuda
III. Metode Pembelajaran
- Diskusi
- Ceramah
- Penugasan
- Pengamatan
- Peragaan
IV. Langkah Kegiatan
Pertemuan Ke-1 dan 2
Judul materi pelajaran: pengenalan tokoh-tokoh Sumpah Pemuda
Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Presensi.
b. Guru menanyakan materi yang dibahas minggu lalu.
c. Guru menginformasikan materi yang akan dipelajari.
2. Kegiatan Inti
Guru menunjukkan beberapa gambar tokoh, seperti
1) Muhammad Yamin
2) W.R. Supratman
3) Mohammad Hatta
4) Assaat
b. Guru menanyakan kepada peserta didik tentang tokoh dalam gambar.
c. Guru menceritakan salah satu tokoh yang ikut serta dalam Sumpah Pemuda.
d. Peserta didik mendengarkannya secara saksama.
e. Guru memberi tugas kepada peserta didik untuk mencari referensi di perpustakaan/internet tentang tokoh dan organisasi pemuda.
1) KelompokAmencari beberapa referensi tentang organisasi pemuda, seperti Jong Java, Jong Sumatranen Bond, Jong Celebes, dan Pemuda Betawi.
2) Kelompok B mencari beberapa referensi tentang tokoh-tokoh, seperti Muh. Yamin, W.R. Supratman, J. Leimena, Moh. Hatta, dan Asssaat.
f. Guru meminta peserta didik menuliskan peran setiap tokoh.
3. Kegiatan Akhir
Guru bersama peserta didik membuat simpulan dari materi yang telah dibahas.
Pertemuan Ke-3
Judul materi pelajaran: pengenalan tokoh Sumpah Pemuda
Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Presensi.
b. Guru menanyakan tentang materi minggu lalu.
c. Guru menginformasikan materi yang akan dibahas.
2. Kegiatan Inti
a. Guru meminta peserta didik untuk menyebutkan peran tokoh dalam Sumpah Pemuda.
b. Guru menjelaskan peran serta tokoh-tokoh dalam Sumpah Pemuda.
c. Guru memberikan tugas dari dalam buku kepada peserta didik.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru bersama peserta didik membuat simpulan dari materi yang telah dibahas.
b. Peserta didik mengerjakan tugas yang diberikan guru sebagai tugas di rumah.
IV. Alat dan Sumber Belajar
- Buku Pendidikan Kewarganegaraan SD dan MI Jilid 3.
Buku Ensiklopedi Nasional Indonesia.
- Buku Ensiklopedi tokoh.
- Buku yang relevan.
V. Penilaian
- Tes lisan
- Tes tertulis
- Skala sikap
Contoh bentuk instrumen penilaian (tes tertulis) Silanglah jawaban yang benar!
1. Lagu ciptaan terakhir W.R.Supratman ialah ....
a. Indonesia Raya
b. Satu Nusa
c Matahari Terbit
d. Delman
2. Hobi W.R Supratman yang mendukungnya dalam mencipta lagu ialah ....
a. berkebun
b. berkarya keterampilan
c. bermain musik
d. berolahraga
3. Sekarang Gedung Indonesisch Clubhuis bernama ....
a. Gedung sate
b. Gedung Sumpah Pemuda
c. Gedung Merdeka
d. Istana Negara
4. Organisasi yang diikuti Muhammad Yamin, antara lain ....
a. Jong Java
b. Jong Celebes
c. Jong Ambon
d. Pemuda Betawi
5. Pada masa Kabinet Sukirman-Suwiryo, Muhammad Yamin menduduki jabatan sebagai ....
a. Menteri Kehakiman
b. Menteri Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan
c. Menteri Penerangan
Menteri Kesehatan
Contoh bentuk instrumen penilaian (skala sikap) Berilah tanda (√) pada kolom yang sesuai dengan pendapatmu!
No.
Pernyataan
Setuju
Tidak Setuju
1.
Tidak menyayangi teman yang berlainan suku
2.
Menghormati semua teman
3.
Menyelesaikan masalah dengan kekerasan
4.
Semua keinginan saya harus terpenuhi
5.
Mengikuti upacara bendera dengan khidmat
Mata Pelajaran:Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester:III/1
Alokasi Waktu:3 x pertemuan @ 35 menit
Standar Kompetensi :
1. Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
Kompetensi Dasar:
1.1 Mengenal makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
Indikator:
- Menyebutkan contoh organisasi kepemudaan
- Menyebutkan organisasi yang berperan dalam Sumpah Pemuda.
- Menyebutkannama-namatokohdalamorganisasipemuda.
- Menjelaskan peran setiap tokoh-tokoh pemuda.
- Menunjukkan sikap untuk meneladani jiwa perjuangan tokoh pemuda.
I. Tujuan Pembelajaran
- Memberi contoh organisasi kepemudaan.
- Menyebutkan organisasi yang ikut serta dalam Sumpah Pemuda.
- Menyebutkan tokoh-tokoh dalam organisasi kepemudaan.
- Menjelaskan peran setiap tokoh dalam organisasi kepemudaan.
- Meneladani sikap dan jiwa perjuangan para tokoh.
II. Materi Pokok Pembelajaran
Pengenalan Tokoh Sumpah Pemuda
III. Metode Pembelajaran
- Diskusi
- Ceramah
- Penugasan
- Pengamatan
- Peragaan
IV. Langkah Kegiatan
Pertemuan Ke-1 dan 2
Judul materi pelajaran: pengenalan tokoh-tokoh Sumpah Pemuda
Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Presensi.
b. Guru menanyakan materi yang dibahas minggu lalu.
c. Guru menginformasikan materi yang akan dipelajari.
2. Kegiatan Inti
Guru menunjukkan beberapa gambar tokoh, seperti
1) Muhammad Yamin
2) W.R. Supratman
3) Mohammad Hatta
4) Assaat
b. Guru menanyakan kepada peserta didik tentang tokoh dalam gambar.
c. Guru menceritakan salah satu tokoh yang ikut serta dalam Sumpah Pemuda.
d. Peserta didik mendengarkannya secara saksama.
e. Guru memberi tugas kepada peserta didik untuk mencari referensi di perpustakaan/internet tentang tokoh dan organisasi pemuda.
1) KelompokAmencari beberapa referensi tentang organisasi pemuda, seperti Jong Java, Jong Sumatranen Bond, Jong Celebes, dan Pemuda Betawi.
2) Kelompok B mencari beberapa referensi tentang tokoh-tokoh, seperti Muh. Yamin, W.R. Supratman, J. Leimena, Moh. Hatta, dan Asssaat.
f. Guru meminta peserta didik menuliskan peran setiap tokoh.
3. Kegiatan Akhir
Guru bersama peserta didik membuat simpulan dari materi yang telah dibahas.
Pertemuan Ke-3
Judul materi pelajaran: pengenalan tokoh Sumpah Pemuda
Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Presensi.
b. Guru menanyakan tentang materi minggu lalu.
c. Guru menginformasikan materi yang akan dibahas.
2. Kegiatan Inti
a. Guru meminta peserta didik untuk menyebutkan peran tokoh dalam Sumpah Pemuda.
b. Guru menjelaskan peran serta tokoh-tokoh dalam Sumpah Pemuda.
c. Guru memberikan tugas dari dalam buku kepada peserta didik.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru bersama peserta didik membuat simpulan dari materi yang telah dibahas.
b. Peserta didik mengerjakan tugas yang diberikan guru sebagai tugas di rumah.
IV. Alat dan Sumber Belajar
- Buku Pendidikan Kewarganegaraan SD dan MI Jilid 3.
Buku Ensiklopedi Nasional Indonesia.
- Buku Ensiklopedi tokoh.
- Buku yang relevan.
V. Penilaian
- Tes lisan
- Tes tertulis
- Skala sikap
Contoh bentuk instrumen penilaian (tes tertulis) Silanglah jawaban yang benar!
1. Lagu ciptaan terakhir W.R.Supratman ialah ....
a. Indonesia Raya
b. Satu Nusa
c Matahari Terbit
d. Delman
2. Hobi W.R Supratman yang mendukungnya dalam mencipta lagu ialah ....
a. berkebun
b. berkarya keterampilan
c. bermain musik
d. berolahraga
3. Sekarang Gedung Indonesisch Clubhuis bernama ....
a. Gedung sate
b. Gedung Sumpah Pemuda
c. Gedung Merdeka
d. Istana Negara
4. Organisasi yang diikuti Muhammad Yamin, antara lain ....
a. Jong Java
b. Jong Celebes
c. Jong Ambon
d. Pemuda Betawi
5. Pada masa Kabinet Sukirman-Suwiryo, Muhammad Yamin menduduki jabatan sebagai ....
a. Menteri Kehakiman
b. Menteri Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan
c. Menteri Penerangan
Menteri Kesehatan
Contoh bentuk instrumen penilaian (skala sikap) Berilah tanda (√) pada kolom yang sesuai dengan pendapatmu!
No.
Pernyataan
Setuju
Tidak Setuju
1.
Tidak menyayangi teman yang berlainan suku
2.
Menghormati semua teman
3.
Menyelesaikan masalah dengan kekerasan
4.
Semua keinginan saya harus terpenuhi
5.
Mengikuti upacara bendera dengan khidmat
Komentar