RPP IV PKN KELAS III
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran:Pendidikan Kewarganegaraan SD dan MI
Kelas/Semester:III/ 1
Alokasi Waktu:3 x pertemuan @ 35 menit
Standar Kompetensi :
1.Mengamalkan makna Sumpah Pemuda.
Kompetensi Dasar:
1.2 Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehi-
dupan sehari-hari.
Indikator:
-Menyebutkan contoh nilai Sumpah Pemuda.
- Melaksanakan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehi- dupan sehari-hari.
I. Tujuan Pembelajaran
- Memberi contoh sikap yang sesuai dengan nilai Sumpah Pemuda.
- Melaksanakan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari.
II. Materi Pokok Pembelajaran
Contoh Penerapan Nilai Sumpah Pemuda
III. Metode Pembelajaran
- Diskusi
- Ceramah
- Penugasan
- Pengamatan
- Peragaan
IV. Langkah Kegiatan
Pertemuan Ke-1
Judul materi pelajaran: contoh penerapan nilai Sumpah Pemuda.
Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Presensi.
b. Guru menanyakan tentang materi pelajaran minggu yang lalu.
c. Guru menginformasikan tentang materi yang akan dibahas. 2. Kegiatan Inti
a. Guru mengajukan pertanyaan kepada beberapa peserta didik untuk menyebutkan nilai yang terkandung dalam peristiwa Sumpah Pemuda (seperti pembahasan minggu lalu).
b. Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik, apakah nilai Sumpah Pemuda selalu mereka terapkan dalam kehidupan?
C. Guru menjelaskan tentang nilai-nilai tersebut dan memberikan contoh pelaksanaannya secara sederhana dalam kehidupan peserta didik.
3. Kegiatan Akhir
Guru dan peserta didik membuat simpulan akhir tentang materi yang dibahas.
Pertemuan Ke-2
Judul materi pelajaran : Sumpah Pemuda
Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Presensi.
b. Guru menginformasikan tentang materi yang akan dibahas.
2. Kegiatan Inti
Peserta didik diminta untuk mengamati contoh penerapan nilai Sumpah Pemuda.
3. Kegiatan Akhir
Guru dan peserta didik membuat simpulan akhir.
Pertemuan Ke-3
Judul materi pelajaran : Sumpah Pemuda.
Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Presensi.
b. Guru menginformasikan tentang materi yang akan dibahas.
2. Kegiatan Inti
Peserta didik diminta untuk menuliskan hal-hal yang pernah dilakukan yang sesuai dengan nilai-nilai Sumpah Pemuda.
3. Kegiatan Akhir
Guru dan peserta didik membuat simpulan akhir.
IV. Alat dan Sumber Belajar
- Buku Pendidikan Kewarganegaraan SD dan MI Jilid 3.
- Buku yang relevan.
- Gambar yang relevan.
V. Penilaian
- Tes lisan.
- Tes tertulis.
- Skala sikap.
Contoh bentuk instrumen penilaian (tes tertulis) Silanglah jawaban yang benar!
1. Nilai Sumpah Pemuda harus dilaksanakan ....
a. anak-anak saja
b. pemuda saja
c. orang tua saja
d. semua orang
2. Satu nusa satu bangsa ....
Lanjutan lirik lagu di atas adalah ....
a. satu tanah air kita
b. satu tumpah darah kita
c. satu bahasa kita
d. satu pulau kita
3. Semoga pengorbanan kita untuk bangsa dibalas oleh ....
a. rakyat
b. negara
c. pemerintah
d. Tuhan
4. Kita harus membanggakan....
a. daerah kita saja
b. suku kita saja
c pulau kita saja
d. bangsa Indonesia
5. Manusia diciptakan untuk saling ....
a. bersaing
b. bermaafan
c. menolong
d. mengalahkan
Mata Pelajaran:Pendidikan Kewarganegaraan SD dan MI
Kelas/Semester:III/ 1
Alokasi Waktu:3 x pertemuan @ 35 menit
Standar Kompetensi :
1.Mengamalkan makna Sumpah Pemuda.
Kompetensi Dasar:
1.2 Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehi-
dupan sehari-hari.
Indikator:
-Menyebutkan contoh nilai Sumpah Pemuda.
- Melaksanakan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehi- dupan sehari-hari.
I. Tujuan Pembelajaran
- Memberi contoh sikap yang sesuai dengan nilai Sumpah Pemuda.
- Melaksanakan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari.
II. Materi Pokok Pembelajaran
Contoh Penerapan Nilai Sumpah Pemuda
III. Metode Pembelajaran
- Diskusi
- Ceramah
- Penugasan
- Pengamatan
- Peragaan
IV. Langkah Kegiatan
Pertemuan Ke-1
Judul materi pelajaran: contoh penerapan nilai Sumpah Pemuda.
Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Presensi.
b. Guru menanyakan tentang materi pelajaran minggu yang lalu.
c. Guru menginformasikan tentang materi yang akan dibahas. 2. Kegiatan Inti
a. Guru mengajukan pertanyaan kepada beberapa peserta didik untuk menyebutkan nilai yang terkandung dalam peristiwa Sumpah Pemuda (seperti pembahasan minggu lalu).
b. Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik, apakah nilai Sumpah Pemuda selalu mereka terapkan dalam kehidupan?
C. Guru menjelaskan tentang nilai-nilai tersebut dan memberikan contoh pelaksanaannya secara sederhana dalam kehidupan peserta didik.
3. Kegiatan Akhir
Guru dan peserta didik membuat simpulan akhir tentang materi yang dibahas.
Pertemuan Ke-2
Judul materi pelajaran : Sumpah Pemuda
Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Presensi.
b. Guru menginformasikan tentang materi yang akan dibahas.
2. Kegiatan Inti
Peserta didik diminta untuk mengamati contoh penerapan nilai Sumpah Pemuda.
3. Kegiatan Akhir
Guru dan peserta didik membuat simpulan akhir.
Pertemuan Ke-3
Judul materi pelajaran : Sumpah Pemuda.
Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Presensi.
b. Guru menginformasikan tentang materi yang akan dibahas.
2. Kegiatan Inti
Peserta didik diminta untuk menuliskan hal-hal yang pernah dilakukan yang sesuai dengan nilai-nilai Sumpah Pemuda.
3. Kegiatan Akhir
Guru dan peserta didik membuat simpulan akhir.
IV. Alat dan Sumber Belajar
- Buku Pendidikan Kewarganegaraan SD dan MI Jilid 3.
- Buku yang relevan.
- Gambar yang relevan.
V. Penilaian
- Tes lisan.
- Tes tertulis.
- Skala sikap.
Contoh bentuk instrumen penilaian (tes tertulis) Silanglah jawaban yang benar!
1. Nilai Sumpah Pemuda harus dilaksanakan ....
a. anak-anak saja
b. pemuda saja
c. orang tua saja
d. semua orang
2. Satu nusa satu bangsa ....
Lanjutan lirik lagu di atas adalah ....
a. satu tanah air kita
b. satu tumpah darah kita
c. satu bahasa kita
d. satu pulau kita
3. Semoga pengorbanan kita untuk bangsa dibalas oleh ....
a. rakyat
b. negara
c. pemerintah
d. Tuhan
4. Kita harus membanggakan....
a. daerah kita saja
b. suku kita saja
c pulau kita saja
d. bangsa Indonesia
5. Manusia diciptakan untuk saling ....
a. bersaing
b. bermaafan
c. menolong
d. mengalahkan
Komentar